SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

May 7, 2013

Sumber Perbuatan Syirik


Sumber keburukan dikalangan manusia adalah dijadikannya orang-orang yang salih yang diagungkan sebagai sekutu Allah. Jika mereka meninggal, orang-orang tinggal di kuburan mereka kemudian membuat patung mereka dan menyembahnya.

Ini adalah awal dari perbuatan syirik dikalangan manusia.

Itulah yang terjadi pada kaum Nabi Nuh, yakni Rasul pertama yang diutus kepada penduduk dunia. Dia menyeru mereka kepada tauhid dan melarang mereka dari perbuatan syirik, sebagaimana firman Allah:

"Dan mereka berkata, 'Janganlah kalian meninggalkan penyembahan tuhan-tuhan kalian dan jangan pula meninggalkan penyembahan Wadd, Suwa', Yaguts dan Nasr. Mereka telah menyesatkan banyak manusia."   [QS 71:23-24]

Itu adalah nama-nama orang saleh yang ada pada kaum Nabi Nuh. Ketika mereka meninggal, kaum Nabi Nuh membuat patung-patung mirip dengan mereka. Patung-patung tersebut hilang ketika Allah membenamkan penduduk bumi. Kemudian hal itu terjadi pada bangsa Arab, sebagaimana yang diungkapkan Ibnu Abbas dan yang lainnya. 

Adapun perbuatan syirik kerana setan, maka hal itu sangat banyak.Pada hari ini kita lihat ramai manusia meminta kepada orang mati untuk dihilangkannya kesempitan hidup dan meminta dipenuhi segala keperluannya. 

Manusia perlu yakin bahwa 'tidak ada tuhan selain Allah' dengan makna bahwa Allah adalah Yang disembah. Tidak ada yang berhak untuk disembah selain-Nya. Allah suka kalau Dia disembah dan Dia tidak disembah kecuali dengan perkara yang disukai-Nya yaitu perkara-perkara yang telah Dia shariatkan, baik yang wajib maupun yang sunnah. Jika manusia tidak meyakini semua itu, maka pastilah mereka akan terjerumus ke dalam perbuatan syirik dan yang lainnya. Wallahu a'alam.

Dikutip dari kitab Al-Hasanah wa Sayyiah karya Ibnu Taimiyyah diterbitkan oleh Pustaka Hidayah, Bandung, Indonesia. Dengan sedikit penambahan yang tidak merubah isinya.

No comments:

Post a Comment