SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

April 14, 2020

Antara Sabar dan Ridho

Derajat orang yang ridho lebih utama dari orang yang sabar. Mungkin di antara manusia ada yang mampu bersabar menghadapi cobaan tetapi belum tentu dirinya ridho. Adapun orang yang ridho sudah pasti dirinya bersabar. 

Sebab itu sabar pada hakikatnya berbeda dengan ridho. Sabar artinya menahan segala ucapan dan perbuatan yang semakin memperberat penderitaan. 

Sedangkan ridho artinya rela dan berlapang dada atas ketetapan Allah dan dia yakin bahwa apa yang sudah ditentukan Allah dalam taqdir-Nya jauh lebih baik dari apa yang dikehendaki dirinya. 

Terkait ridho, Nabi ﷺ telah mengingatkan dalam sabdanya:

إن الله إذا أحب قوما إبتلاهم فمن رضي فله الرضا ومن سخط فله السخط

"Sesungguhnya Allah apabila menyintai suatu kaum maka Dia akan menguji mereka. Barangsiapa yang ridho niscaya dia akan memperoleh keridhoan-Nya dan barangsiapa yang murka maka dia akan mendapat kemurkaan-Nya." (Shohih At-Tirmidzi 2396 dihasankan oleh Syaikh Nashir dari Anas bin Malik)

Cukuplah kisah Nabi Ayyub 'alaihissalam sebagai pelajaran berharga bagi kita bahwa keridhoan beliau terhadap ujian Allah menjadi sebab digantinya penderitaan dengan kenikmatan yang lebih banyak.


https://t.me/manhajulhaq

No comments:

Post a Comment