SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

November 6, 2019

Makhluk-makhluk yang Kekal

Assalamu’alaikum, Afwan mau tanya adakah dalil yang menjelaskan tentang 8 mahluk Allah yang kekal (surga, neraka, pena, lauhul mahfudzh, kursi, arsy, ruh, tulang buntut)? Syukran

Jawab: Wa’alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh. Dalilnya sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an was Sunnah. Kekalnya neraka dalam surat Al-Bayyinah ayat 6, Az-Zukhruf ayat 74, kekalnya surga dalam surat Al-Furqon ayat 16.

Al-Imam Al-Barbahari berkata, “Dan segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah kehancurannya maka akan binasa, kecuali Surga, Neraka, ‘Arsy, Kursi, Sangkakala, Al-Qolam (pena), dan Lauhul Mahfuzh. Semua itu tidak akan binasa selama-lamanya.”

Syaikh Al-'Allamah Ahmad An-Najmi menjelaskan, “Semua yang disebutkan di atas tidaklah diciptakan untuk binasa sedikitpun. Bahkan semua itu telah diciptakan sebelum langit dan bumi. Dan ketika alam semesta ini hancur, makhluk-makhluk Allah tersebut tidak ikut binasa bahkan akan tetap kekal.” (Irsyadus Sari fi Syarhissunnah lil Barbahari hal. 123)

Begitu pula ruh, kekal setelah penciptaannya, akan tetapi kekalnya ruh bukan berarti tidak fana (hancur). Ruh memiliki sifat fana dan kekekalan ruh itu bukan berasal dari dzatnya akan tetapi karena Allah yang menjadikannya kekal. (Syarh Al-'Aqidah Ath-Thohawiyyah). 

Adapun tulang ekor manusia disebutkan dalam riwayat Al-Bukhori, bahwa tubuh manusia semua akan binasa kecuali tulang ekornya dari tulang itu manusia akan dibangkitkan. Maka sifat kekal yang berlaku pada makhluk berbeda dengan sifat kekal yang ada pada Al-Kholiq.


https://t.me/manhajulhaq

No comments:

Post a Comment