SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

March 27, 2014

Mulai hari dengan doa yang agung meminta 3 perkara ini.

"Sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengucapkan apabila shalat Subuh ketika salam, 'Ya Allah, sungguh aku mohon pada-Mu ilmu bermanfaat, rezki yang baik, dan amalan yang diterima." 
[Musnad Ahmad, 6/322, Sunan Ibnu Majah, No. 925, di shahih oleh Al-Albani rahimahullah, dalam Shahih Ibnu Majah, no,753.]

Barangsiapa yang amati doa agung ini, niscaya mendapati bahwa mengucapkannya pada waktu sesudah shalat Subuh adalah berada dipuncak kesesuaian. Waktu subuh adalah permulaan hari dan pembukaannya. Seorang Muslim tidak ada keinginannya pada hari dimana dia berada kecuali meraih tujuan-tujuan mulia maksud-maksud agung yang tersebut dalam hadith ini. Yaitu, ilmu bermanfaat, rezki yang baik dan amalan yang diterima. Ini lah tekad seorang Muslim meraihkan kebaikan, mendorong sukses tujuannya.

Perhatikanlah bagaimana Nabi shallallahu alaihi wa sallam memulai doa ini dengan meminta pada Allah Subhanahu wa Ta'ala ilmu bermanfaat, sebelum meminta rezki yang baik dan amalan yang di terima. Ini memberi isyarat bahwa ilmu bermanfaat lebih di dahulukan, dan hendaknya dimulai darinya. Dengan ilmu bermanfaat, seseorang mampu untuk membedakan antara rezki yang baik dan yang tidak baik, dan mampu membedakan antara amal shalih dan sebaliknya. Dan barang siapa yang tidak berada diatas ilmu yang benar, maka perkara-perkara akan bercampur baur atasnya.  Dia mengerjekan suatu amalan yang dia duga shalih lagi bermanfaat, padahal tidaklah demikian. 
"Katakanlah, apakah sama orang-orang yang mengetahui dan orang-orang yang tidak mengetahui......(Az-Zumar:9)  "Katakanlah, apakah aku beritahukan kepada kamu orang-orang yang merugi amalannya. Orang-orang yang sesat usahanya dalam kehidupan dunia dan mereka menyangka bahwa mereka telah berbuat kebaikan." (Al-Kahfi:103-104).

Ketahuilah ilmu yang bermanfaat paling agung adalah yang menghantarkan kepada kedekatan dengan Rabbnya, mengetahui agamanya, dan pengetahuan yang mendalam tentang jalan kebenaran yang harus dia tempuh.  Cermati lah firman Allah Ta'ala;
"Telah datang kepada kamu dari Allah cahaya dan kitab yang nyata. Allah beri petunjuk dengannya siapa yang mengikuti keridhaannya jalan-jalan keselamatan, mengeluarkan mereka dari kegelapan kepada cahaya dengan izin-Nya, dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus." (Al-Maidah: 15-16)

Sangat patut bagi seorang Muslim pada setiap harinya untuk memberi perhatian khusus terhadap Al-Quran yang mulia, membahasnya, dan mempelajarinya lalu memberi perhatian terhadap sunnah Nabi shallallahu alaihi wa sallam sebagai penjelas bagi al-Quran dan menerangkan petunjuk-petunjuk serta maksud-maksudnya. 
Kutipan dari Fiqh Do'a dan Dzikir oleh Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr.

No comments:

Post a Comment