SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

May 11, 2014

Ayat yang dijadikan dasar wafatnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam

Apabila Nabi shallallahu alaihi wa sallam wafat, ramai para sahabat seolah-olah tidak percaya dan tidak yakin akan kehilangan orang yang sangat mereka cintai. Terjadilah kekecuhan, sehingga Abu Bakar ash-Shiddiq membacakan ayat yang merupakan salah satu diantara ayat-ayat yang dijadikan dasar kematian baginda, (Umar mengatakan seolah-olah dia tidak pernah mendengar ayat ini) sehingga mereka pun merasa yakin dengan kematian beliau. Sebagaimana firman Allah Ta'ala:

"Sesungguhnya kamu akan mati dan sesungguhnya mereka akan mati (pula). Kemudian, sesungguhnya kamu pada hari Kiamat akan berbantah-bantahan di hadapan Rabb-mu. Maka siapakah yang lebih zhalim daripada orang yang membuat-buat dusta terhadap Allah dan mendustakan kebenaran ketika datang kepadanya? Bukankah di Neraka Jahanam tersedia tempat tinggal bagi orang-orang yang kafir?"  
[QS. Az-Zumar: 30-32] Lihat Tafsir Ibnu Katsir..

Dalam Tafsir Ibnu Katsir, mengatakan seluruh manusia akan berbantah-bantah disisi Rabb mereka; orang kafir dan orang beriman, orang yang benar dengan orang yang batil, orang yang zhalim dengan orang yang dizhalimi, sehingga dari setiap kamu diambil sesuatu, kemudian diberikan kepada orang lain sebagai haknya. 

"Bukankah di Neraka Jahanam tersedia tempat tinggal bagi orang-orang yang kafir?"  maksudnya adalah, bukankah di neraka ada tempat bagi orang yang kafir kepada Allah, orang yang tidak mau mempercayai Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam dan mengikuti seruan yang ia bawa dari sisi Allah; seruan tauhid dan hukum al-Quran. 

Ini peringatan bagi orang-orang yang menyelisihi perintah dan Sunnah Rasul-Nya dan membuat berbagai syariat baru dalam agama ini. 
Wallahu a'lam Wallahul Musta'an.
Re: Tafsir Ath-Thabari: QS 39:30-32

No comments:

Post a Comment