SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

May 12, 2014

Peringatan akan...Istidraj !

**Pada saat ini jika kita lihat disekeliling keadaan sangat menakutkan dan menyedihkan. Maksiat, kemungkaran, kesyirikan, kedzaliman berleluasa. Peringatan, nasehat yang diberi, amar ma'ruf nahi munkar yang di jalankan, tidak berkesan, malah situasi semakin menjadi-jadi. Yang dzalim semakin kejam, yang bermaksiat semakin kencar, yang membuat syirik semakin berani, yang sesat semakin menyesatkan, yang berbohong menjadi pendusta, yang membuat bid'ah semakin menambah-nambah acara-acaranya..** (pen) 

Dari Ubah bin Amir radhiallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Apabila Anda melihat Allah memberikan kenikmatan dunia kepada seorang hamba, sementara dia masih bergelimang dengan maksiat, maka itu hakikatnya adalah istidraj dari Allah." 

Kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam membaca firman Allah;

"Tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membuka semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa." 
[QS. Al-An'am:44].
(HR. Ahmad, Thabrani dalam Al-Kabir, no.913, dishahihkan Al-Albani dlm As-Shahihah, 414)

Istidraj secara bahasa diambil dari kata da-ra-ja د ر ج yang artinya naik dari satu tingkatan ke tingkatan selanjutnya. Sementara istidraj dari Allah kepada hamba difahami sebagai 'hukuman' yang diberi sedikit demi sedikit dan tidak langsung. Allah biarkan orang ini dan tidak disegerakan adzabnya. Allah berfirman; 

"Nanti Kami menghukum mereka dengan beransur-ansur (kearah kebinasaan) dari arah yang tidak mereka ketahui."   [QS. Al-Qalam :44]

Semua tindakan maksiat yang Allah Ta'ala balas dengan nikmat, dan Allah membuat dia lupa untuk beristighfar, sehingga dia semakin dekat dengan adzab sedikit demi sedikit, selanjutnya Allah berikan semua hukumannya, itulah istidraj. Allah a'lam.
Oleh Ustadz Ammi Nur Baits (dengan penambahan yg tidak mengubah isinya)
Sumber:

No comments:

Post a Comment