SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

January 1, 2013

Bid'ah yang Pertama Kali Muncul Dalam Islam

Perpecahan dan bid'ah pertama yang muncul dalam Islam bermula setelah terbunuhnya Utsman bin Affan ra.

Pada saat itulah, kaum Muslimin terpecah belah. Ketika Ali bin Abi Thalib dan Mu'awiyah bin Abi Sufyan ra sepakat untuk melakukan tahkim (arbitrase) , kelompok Khawarij mengingkari hal itu, yakni dengan dalih: "Hukum hanyalah milik Allah".  Mereka pun lantas memisahkan diri dari jamaah kaum Muslimin, hingga akhirnya Ali mengutus Abdullah bin Abbas ra kepada mereka, untuk berdialok dan berdamai. Sebagian dari mereka kembali ke jalan yg benar, sedangkan sebagian lainnya menyerang hewan ternak dan menganggap halal darah kaum Muslimin. Mereka membunuh Ibnu Khabbab, sebab itulah Ali memerangi mereka. (ath-Thabaqaat karya Ibnu Sa'ad (III/52-84) dan Usdul Ghaabah (III/480-492)

Dasar madzab Khawarij adalah mengagungkan al-Qur'an namun melepaskan diri dari Sunnah Nabi shallallahu alaihi wassalam dan jamaah kaum Muslimin. Mereka menganggap tidak perlu mengikuti sunnah Nabi yang menurut mereka bertentangan dengan al-Qur'an. Mereka tidak sedar yang Qur'an dan hadits datang dari sumber yang sama, iaitu Allah azzawajalla . Mereka tidak mau tunduk kepada hukum yg diputuskan Nabi shallallahu alaihiwassalam dan para khalifah sepeninggal beliau.

Ramai ulama ternama seperti Ibnu Taimiyyah, muridnya Ibnu Qayyim, Imam Ahmad dan lain lain lagi mendapat ujian kerana mereka hendak menegakkan sunnah dan sya'riat Nya.
Wallahu a'alam.

No comments:

Post a Comment