SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

October 2, 2013

Bagaimana Bani Israil berpecah menjadi Empat golongan.


Allah subhanahu wata’ala berfirman (artinya):

“Itulah 'Isa putera Maryam, yang mengucapkan perkataan yang benar, yang mereka berbantah-bantahan tentang kebenarannya."   
[QS. Maryam; 19:34]
Dalam tafsirnya, Ibnu Katsir rahimahullah  menyebutkan pendapat Ahlul Kitab tentang 'Isa berbeda-beda, setelah jelas perkataannya dan tegas posisinya bahwa dia adalah hamba dan utusan Allah. 
Dahulu Bani Israil telah sepakat, lalu mereka berpecah menjadi Empat golongan yang masing-masing mengeluarkan orang yang paling berilmu diantara mereka untuk mengemukakan pendapat tentang 'Isa pada waktu 'Isa diangkat. 
1). Kelompok pertama, iaitu Ya'qubiyyah; Mereka berkata, dia ('Isa) adalah Allah yang turun kemuka bumi. Dia menghidupkan orang yang hidup dan mematikan orang yang mati, kemudian dia naik keatas kelangit. Ketiga kelompok lainnya tidak setuju dan menuduh mereka berdusta.
2). Kelompok kedua, Nasthuriyyah; mengatakan 'Isa adalah anak Allah.
3). Kelompok ketiga, Nasrani, tidak setuju dan berkata mereka berdusta dan mendakwa bahwa, "Dia adalah tiga dalam satu (trinitas) yakni konsep trinity. "Allah itu Ilah, 'Isa adalah ilah dan ibunya juga ilah." Mereka ini adalah para Israiliyyat, raja-raja kaum Nasrani, semoga laknat Allah atas mereka. 
4). Kelompok keempat, mereka itulah orang-orang Muslim. 
Maka, setiap tokoh tersebut memiliki pengikut masing-masing, sehingga mereka saling memerangi dan berusaha menindas kaum Muslimin. Kalau para nabi saja mereka bunuh, maka tentu menumpahkan darah kaum muslimin secara umum merupakan perbuatan yang lebih ringan lagi bagi mereka. Sehingga tidaklah mengherankan jika kemudian orang-orang Yahudi di masa kini dengan mudahnya melakukan kedzaliman terhadap kaum Muslimin dimana pun mereka berada.  Wallahu a'lam. 
Ref:Tafsir Ibnu Katsir 

No comments:

Post a Comment