SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

October 18, 2013

Mengapa bulan pertama Islam jatuh pada bulan Muharram?

Permulaan penanggalan Islam berlaku sejak masa Amirul Mukminin 'Umar bin Khathab radhiyallahanhu, dimana beliau mengumpulkan orang-orang pada tahun enam belas atau tujuh belas setelah hijrah. Beliau meminta pendapat mereka dari mana dimulai perhitungan penanggalan. Sebagian mengusulkan dari kelahiran Nabi shallallahu alaihi wassalam, sebagian kata dari diutusnya beliau, sebagian mengusulkan dimulai dari hijrah beliau, dan sebagian lagi mengusulkan dimulai dari wafat beliau.

Akan tetapi Amirul Mukminin menguatkan usulan bermula dari hijrah, kerana dengan hijrah itulah Allah memisahkan antara kebenaran dan kebatilan, ia merupakan tahun dimana terbentuk masharakat muslim yang mandiri. Pada tahun itulah terbentuk negara Islam pertama yang dikuasai oleh kaum Muslimin. Maka, pada saat itu terpadu permulaan masa dan tempat.

Kemudian, para sahabat bermusyawarah, mulai dari bulan manakah mereka akan mengawali tahun Hijriyah. Sebagian mengusulkan Rabi'ul Awal, dimana Nabi shallallahu alaihi wasallam berhijrah ke Madinah. Ada mengusulkan bulan Ramadhan, bulan turunnya al-Qur'an. Tetapi Umar, Utsman, dan Ali sependapat permulaan hitungan tahun dengan bulan Muharram. Kerana ia merupakan bulan haram dan jatuh sesudah Dzulhijah yang pada bulan ini kaum Muslimin melaksanakan haji yang dengannya rukun Islam jadi sempurna. Selain itu, ia jatuh sesudah bulan dimana Nabi shallallahu alaihi wassalam membait kaum Anshar untuk berhijrah, dan pembaiatan itu merupakan pendahuluan hijrah. Maka bulan yang paling tepat di ditempatkan sebagai bulan pertama adalah bulan Muharram.

Wahai hamba-hamba Allah! Kita wajib bershukur kepada Allah atas ditetapkannya hisab yang mudah ini untuk kita. Umat Islam juga wajib menciptakan masharakat yang mandiri yang terjiwai dari ruh agama Islam. Hendaklah mereka menjadi umat yang berbeda di tengah umat lainnya, dalam segala hal yang sepatutnya mereka membedakan diri. Seperti dalam akhlak, adab, dan muamalah. Agar umat ini tetap menjadi umat terkemuka dan berkarakter, bukan sebagai pengekor kepada umat lainnya. Bukan sebagai pengikut umat lainnya secara membabi buta, yang tiada mendatangkan manfaat dan tidak menghilangkan mudharat apa pun, selain menampakkannya sebagai umat yang lemah dan penurut, yang melupakan zaman keemasan yang pernah diraih generasi pendahulu mereka. Tidak lah akhir umat ini bisa menjadi baik, kecuali dengan apa yang telah menjadikan baiknya keadaan generasi pendahulunya.

Permulaan hari dimulai sejak tenggelamnya matahari. Permulaan bulan dimulai sejak terlihatnya hilal. Sedangkan permulaan tahun dimulai sejak dilaksanakannya hijrah. Inilah tradisi yang telah berlaku dan dilaksanakan oleh kaum Muslimin serta dijadikan patokan para fuqoha' dalam buku-buku mereka dalam menetapkan jatuh temponya hutang dan lain-lain.
Ringkasan dari Kumpulan Khutbah Pilihan oleh Shaikh Muhammad bin Shalih bin Utsaimin.

No comments:

Post a Comment