SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

October 2, 2013

Perbezaan peribadahan antara orang-orang Yahudi, Nasrani dan Majusi

Allah Tabaraka wa Ta'ala mengancam orang-orang yang kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dari golongan Yahudi dan Nasrani, dimana mereka memisahkan antara Allah dan Rasul-Nya dalam keimanan. Mereka beriman kepada sebagian Nabi dan mengkafiri sebagian lainnya, kerana semata-mata keinginan, adat istiadat dan tradisi nenek moyang mereka, bukan kerana dalil yang menuntun mereka, karena mereka tidak memiliki jalan apa pun ke arah itu, kecuali semata-mata hawa nafsu dan 'ashabiyah (fanatisme). Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman;

"Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Allah dan Rasul-Nya, dan bermaksud membedakan antara (keimanan kepada) Allah dan Rasul-Nya, dengan mengatakan; 'Kami beriman kepada yang sebagian dan kafir terhadap sebagian (yang lain),' serta bermaksud (dengan perkataan itu) mengambil jalan (tengah) di antara yang demikian (iman atau kafir), merekalah orang-orang yang kafir sebenar-benarnya. Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir itu siksaan yang menghinakan."    [QS. An-Nisaa' :150-151]

Orang Yahudi, semoga laknat Allah atas mereka, beriman kepada para Nabi kecuali Isa alaihissalam dan Muhammad shallallahu alaihi wasallam.

Sedangkan Nashara beriman kepada para Nabi, dan kafir kepada penutup para Nabi yang mulia Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Kelompok Samiri tidak beriman dengan Nabi mana pun setelah Yusya, pengganti Musa bin 'Imran.

Sedangkan Majusi beriman hanya kepada Nabi mereka yang dikenal dengan nama Zaroaster, kemudian mereka mengkafiri syariatnya lalu syariatnya diangkat dari mereka. Wallahu a'lam.
Ref: Tafsir Ibnu Katsir. QS.4:150-151

No comments:

Post a Comment