SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

October 7, 2012

Bangsa Jin tidak tahu perihal yang ghaib

Sesungguhnya dalil yang nyata bahwa bangsa jin tidak tahu perihal yang ghaib, apabila Allah Ta'ala menceritakan tentang cara wafatnya Nabi Sulaiman 'alaihissallam serta bagaimana Allah merahsiakannya di hadapan para jin yang ditundukkan baginya untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berat. Beliau diam dalam keadaan bersandar pada tongkatnya, sebagaimana yang dikatakan oleh Ibnu Abbas, Mujahid, al-Hasan, Qatadah dan selain  mereka. " Yaitu, dalam waktu yang cukup lama, hampir satu tahun. "

Lalu ketika binatang-binatang tanah (rayap) memakannya, rapuhlah tongkat itu dan Sulaiman jatuh ke tanah ,sehingga barulah diketahui bahwa dia telah wafat sebelum itu dalam waktu yang cukup lama.

Nampaklah nyata bagi jin dan manusia, bahwasanya bangsa jin tidak mengetahui perihal yang ghaib, sebagaimana yang mereka perkirakan dan mereka tunjukkan kepada manusia. ...

" Maka tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahu lah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang ghaib tentulah mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan. "   QS. 34:14 .

Ash agh berkata: " Telah sampai kepadaku bahwa tongkat itu tegak selama setahun lalu menjadi rapuh dan beliau pun tersungkur. "
Hal senada juga diungkapkan pula oleh ulama salaf lainnya. Wallaahu a'lam.   ...
Ibnu Katsir tafsir al-Quran

No comments:

Post a Comment