SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

June 3, 2014

Antara Manusia yang Mulia dan yang Hina

Manusia itu ada dua golongan:
1.  Manusia yang mulia, yaitu orang yang mengetahui Rabb-nya, lalu menitinya dan berusaha agar bisa sampai ke titik tujuan. Dialah orang yang mulia disisi-Nya. 
2. Manusia yang hina yaitu orang yang tidak mengetahui jalan menuju Rabb-nya dan tidak berusaha untuk mengetahuinya. Inilah orang yang hina sebagaimana yang difirmankan Allah: 
"Dan, barangsiapa yang di hinakan Allah, maka tidak seorang pun yang memuliakannya."  [QS.Hajj:18]

Pada hakikatnya jalan kepada Allah itu hanya satu, tidak bermacam-macam dan tidak pula bercabang-cabang yaitu shirathul-mustaqim. Barangsiapa mengikutinya, dia dijamin pasti akan sampai ke titik tujuan. Firman Allah:
"Dan bahwa (yang kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus maka ikutilah dia dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain)."  [QS. Al-An'am:153].
Allah membuat jalan-Nya satu jalan yang pada dasarnya jalan itu memang satu, tidak bermacam-macam. Allah menjadikan berbagai jalan, kerana jalan-jalan itu beraneka macam dan berbeda-beda.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah membuat sebuah garis, lalu berkata, "Inilah (perumpamaan) jalan Allah." Kemudian beliau membuat garis-garis lain dikiri kanannya, kemudian berkata, "Ini adalah beberapa jalan, yang diatas masing-masing jalan terdapat syaitan yang menyeru kepadanya." 
[HR. Ahmad dan Al-Hakim. Shahih]
Ringkasan dari: Thariqul-Istiqamah (judul asli) oleh Ibnu Qayyim.

No comments:

Post a Comment