SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

June 14, 2014

Pembahagian orang-orang kafir, Mukmin, munafik menjadi 2 macam:-

Dalam tafsir Ibnu Katsir rahimahullah, dikatakan Allah telah membagi orang-orang kafir menjadi dua macam yaitu 1) yang menyerukan (kepada kekafiran) dan 2) yang hanya ikut-ikutan (muqallid), sebagaimana yang disebutkan-Nya pada awal surat al-Hajj: 
"Di antara manusia ada yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan dan mengikuti setiap syaitan yang sangat jahat." [QS. Al-Hajj:3]

Allah juga telah membagikan orang-orang Mukmin menjadi dua bagian, di awal surat al-Waqi'ah dan di akhirnya, surat al-Insan ; 1) as-Sabiqun, yaitu mereka yang didekatkan kepada Allah Azza wa Jal dan 2) ; adalah Ashabul Yamin, yaitu orang-orang yang berbuat kebajikan. 

Manakala orang-orang munafik juga terbagi dua:- yaitu 1) "Orang munafik murni (tulen)" dan kedua  2) "Orang-orang munafik yang dalam dirinya masih ada iman dan masih ada juga kemunafikan." Sebagaimana dalam sebuah hadith shahih;-

"Ada tiga hal, yang jika ketiganya ada pada seseorang, maka ia seorang munafik murni (tulen). Dan barangsiapa yang pada dirinya terdapat salah satu dari ketiganya, maka pada dirinya itu terdapat satu sifat kemunafikan sehingga ia meninggalkannya. Yaitu: orang yang apabila berbicara berdusta, apabila berjanji tidak menepati, dan apabila diberi kepercayaan berkhianat." [Muttafaq 'alaih].

Para ulama menjadikan hadith ini sebagai dalil bahwa dalam diri manusia itu mungkin saja terdapat salah satu unsur kemunafikan, baik yang bersifat amali berdasarkan hadith ini maupun i'tiqadi sebagaimana yang telah dijelaskan oleh ayat al-Quran dan menjadi pendapat sekelompok ulama Salaf maupun Khalaf. Kita mohon kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala supaya dijauhi kita daripada sifat-sifat yang keji serta jadikan kita termasuk orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus. Ameen ya Rabbal 'alamin.
Ref: Tafsir Ibnu Katsir; 2:19-20

No comments:

Post a Comment