SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

July 27, 2013

Surat Yasin Hatinya al-Qur'an?


Banyak hadits-hadits yang tersebar di kalangan masyarakat kita menjelaskan keutamaan-keutamaan sebagian surat-surat Al-Qur’an. Tetapi sayangnya, banyak diantara hadits itu ada yang lemah, bahkan palsu, munkar. Namun ramai yang tidak sedar akan status hadith hadith yang digunakan atau diamalkan.
Satu daripadanya ialah tradisi membaca Surat Yasin pada setiap malam Jumaat, ba'dah maghrib di merata-rata masjid atau di rumah, dengan berkeyakinan bahwa surat ini mempunyai fadhilat tertentu:
"Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, sedang hatinya Al-Qur’an adalah Surat Yasin. Barang siapa yang membacanya, maka seakan-akan ia telah membaca Al-Qua’an sebanyak 10 kali".
 [HR. At-Tirmidziy (4/46), dan Ad-Darimiy (2/456)]
Hadits ini maudhu’ (palsu), karena dalam sanadnya terdapat dua rawi hadits yang tertuduh dusta, yaitu: Harun Abu Muhammad, dan Muqatil bin Sulaiman. Ibnu Abi Hatim dalam kitabnya al-'Ilal berkata, "Saya tanyakan hadith tersebut kepada ayahku, maka ia menjawab 'Apakah dalam sanadnya terdapat Muqotil bin Sulaiman? Sungguh aku telah melihat hadith tersebut pada awal kitab yang dipalsukan oleh Muqotil bin Sulaiman dan hadith itu adalah palsu tak bersumber." Memang dia telah divonis oleh mayoritas pakar hadith sebagai pemalsu riwayat.
Karenanya, Ahli Hadits zaman ini, yaitu Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani -rahimahullah- menggolongkannya sebagai hadits palsu dalam kitabnya As-Silsilah Adh-Dho’ifah (no.169), Jilid 1. 

No comments:

Post a Comment