SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

November 29, 2013

Dua golongan yang saling bertentangan dalam soal ibadah.

Golongan Pertama: golongan yang mengurangi makna ibadah serta meremehkan  perlaksanaannya. Mereka meniadakan berbagai macam ibadah dan hanya melaksanakan ibada-ibadah yang terbatas pada syiar-syiar tertentu dan sedikit, yang hanya diadakan dimasjid-masjid saja. Tidak ada peluang untuk beribadah dirumah, dipejabat, ditoko, dibidang sosial, muamalah, politik, juga tidak dalam peradilan sengketa dan dalam perkara kehidupan lain.
Memang benar, masjid mempunyai keistimewaan dan harus dipergunakan untuk shalat fardhu. Akan tetapi, ibadah mencakup seluruh aspek kehidupan Muslim, baik di masjid maupun diluar.

Golongan Kedua: golongan yang bersikap berlebih-lebihan dalam praktik ibadah sampai batas ekstrim, melampau. Ibadah melebihi apa yang sudah disyariatkan. Mereka menghukumi sesat dan salah orang yang tidak mengikuti cara-cara mereka beribadah, serta menyalahkan orang-orang yang berfahaman selain fahaman mereka.
 
Padahal, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad shallallahu alaihi wassalam dan seburuk-buruk perkara adalah perkara bid'ah. 

Allahul Musta'an. 
Ref:Kitab Tauhid Ummul Qura; karya Dr Shalih bin Fauzan.

No comments:

Post a Comment