SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

November 23, 2013

Lapan jenis angin.

Diriwayatkan oleh Ibnu Hatim dari Ubaidullah bin Amr mengatakan;  "Angin itu ada delapan; empat diantaranya mengandung rahmat dan empat lainnya mengandung azab."

Empat angin yang mengandung rahmat adalah:- an-Naasyiraat, al-Mubasysyiraat, al-Mursalat dan adz-Dzaariyaat.
Sedangkan angin yang mengandung azab adalah:- 'Aqiim dan Sharshar didaratan serta 'Aashif dan Qaashif di lautan. 

Jika Allah Subhanahu Wata'ala menghendaki, niscaya Dia menggerakkannya dengan gerakan rahmat, hingga menjadi lapang, rahmat, gembira dari kasih sayang-Nya, dibawa oleh awan yang berisi air, seperti laki-laki memancarkan air mani kepada wanita hingga hamil. 

Dan jika Dia menghendakinya niscaya Dia menggerakkannya dengan gerakan adzab dengan menjadikannya mandul dan mengandung siksaan yang pedih serta menjadikan seksa pada hamba-hamba yang di kehendaki-Nya. Lalu Dia menjadikannya angin Sharshar (gemuruh), 'Aatiya (sangat dingin) dan merusak apa saja yang dijangkaunya. Angin itu berbeda-beda dalam hembusannya yang deras dan sepoi-sepoi, selatan dan utara.

"Dan sungguh jika Kami mengirimkan angin (kepada tumbuh-tumbuhan) lalu mereka melihat (tumbuh-tumbuhan itu) menjadi kuning (kering), benar-benar tetaplah mereka itu menjadi orang yang ingkar."  [QS. Ar-Ruum, 30:51].
Tafsir Ibnu Katsir 6/30:51

No comments:

Post a Comment