SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

August 8, 2014

Dosa yang amat buruk; Berpaling dari al Quran.

"Demikianlah Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) sebagian kisah ummat yang telah lalu, dan sesungguhnya telah Kami berikan kepadamu dari sisi Kami suatu peringatan (Al-Quran). Barangsiapa yang berpaling dari al-Quran, maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar dihari Kiamat, mereka kekal didalam keadaan itu. Dan amat buruk lah dosa itu sebagai beban bagi mereka di hari Kiamat."  [QS. Thaahaa: 99-101].

Allah Ta'ala berfirman kepada Nabi-Nya sebagaimana yang telah Dia ceritakan tentang peristiwa yang terjadi antara Musa dan Fir'aun dan bala tenteranya secara jelas dan benar-benar terjadi. Dan juga Allah telah menceritakan berita-berita yang telah terjadi dimasa lalu, tanpa penambahan dan pengurangan. Yaitu peringatan yang turun dari-Nya berupa Al Quran, sebuah kitab yang tidak ada kebathilan, baik dari depan maupun belakangnya. Kitab yang turun dari Allah yang Mahabijaksana lagi Mahaterpuji, yang Dia tidak pernah berikan kepada seorang Nabi pun sebelumnya sebuah kitab yang serupa dengannya atau bahkan yang lebih sempurna dari itu dan lebih lengkap tentang berita yang telah lalu dan yang akan terjadi serta hukum yang menyelesaikan (urusan) antara manusia dari sejak awal para Nabi diutus hingga akhirnya ditutup oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. 

'Barangsiapa yang berpaling dari al-Quran', mendustakan dan enggan mengikutinya dan malah mencari petunjuk kepada selainnya, maka Allah akan menyesatkannya dan akan menghantarkannya ke Neraka Jahim. Dalam ayat yang lain Allah berfirman, "Dan barangsiapa diantara mereka (orang-orang Quraish) dan sekutu-sekutunya yang kafir kepada al-Quran, maka Nerakalah tempat yang diancam kan baginya." [QS. Huud:17].

Yang demikian itu bersifat umum yang berlaku kepada sesiapa saja yang sudah pernah sampai kepadanya al-Quran, baik masyarakat Arab maupun bukan Arab, Ahlul Kitab maupun yang lainnya. Sebagaimana firman-Nya ; "Supaya dengannya Aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai al-Quran (kepadanya). [QS. Al- An'naam: 19].

Dengan demikian, setiap orang yang sudah pernah sampai kepadanya al-Quran, berarti ia telah diberi peringatan dan seruan olehnya. Barangsiapa mengikutinya ia akan mendapat petunjuk, dan barangsiapa yang menentang dan berpaling darinya, maka ia akan sesat dan akan mengalami kesengsaraan didunia, dan di Neraka merupakan tempat yang diancam kan kepadanya pada hari Kiamat kelak. Apa yang mereka bawa itu benar-benar beban yang sangat buruk. Allahul Musta'an ..
Ref: Tafsir Ibnu Katsir

No comments:

Post a Comment