SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

August 20, 2014

Peringatan bagi mereka yang menyia-nyiakan umurnya.

Peringatan bagi mereka yang menyia-nyiakan umur mereka yang pendek didunia ini yang tidak dipergunakan untuk berbuat ta'at kepada-Nya dan beribadah hanya kepada-Nya semata, kelak  "Allah bertanya; 'Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal dibumi?' {QS. Al-Mu'minuun: 112}.

Seandainya mereka bersabar selama hidup didunia yang pendek ini, niscaya mereka akan menang sebagaimana para wali-Nya yang bertakwa. "Mereka menjawab; 'Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakan lah kepada orang-orang yang menghitung." {QS. Al-Mu'minuun: 113}. Maka, "Allah berfirman: 'Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui. "  {QS. Al-Mu'minuun: 114}. Yakni dalam waktu yang sangat sebentar sekali.

'Kalau kamu sesungguhnya mengetahui" maksudnya, kerana kalian lebih mengutamakan yang fana dari yang abadi dan kerana kalian bertindak tidak baik terhadap diri kalian sendiri, dan kalian tidak mendapatkan murka selama waktu yang cukup pendek tersebut. Seandainya kalian bersabar untuk berbuat ta'at kepada Allah dan beribadah kepada-Nya, sebagaimana yang didapatkan oleh orang-orang Mukmin. 

Kelak kalian akan ditanya apakah kalian mengira bahwa kalian diciptakan secara sia-sia, tanpa tujuan dan tanpa kehendak serta tanpa hikmah. Yakni untuk hal yang tidak bermanfaat, untuk bermain-main dan berbuat tanpa guna, seperti binatang, tanpa pahala dan juga tanpa siksaan, sebagaimana Allah Ta'ala bertanya; "Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakanmu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?"  {QS. Al-Mu'minuun: 115}.

Tetapi kalian diciptakan untuk beribadah dan mengerjakan  semua perintah-Nya .. "Dan bahwasanya kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? "
Ref: Tafsir Ibnu Katsir; 23:112-115

No comments:

Post a Comment