SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

May 6, 2013

Shalat Yang Paling Berat....

"Shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat 'Isha' dan shalat Fajar. Seandainya mereka mengetahui apa yang ada pada keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya, sekalipun dengan merangkak. Sesungguhnya aku menghendaki untuk memerintahkan shalat untuk ditegakkan, kemudian aku perintahkan seseorang untuk shalat berjemaah bersama orang-orang, kemudian aku berjalan bersama beberapa orang dengan membawa ikatan kayu bakar ke suatu kaum yang tidak ikut shalat berjemaah, lalu aku bakar rumah-rumah mereka dengan api. "   Kitab ash-Shahihain..

"Mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali." Yaitu di waktu shalat, mereka tidak khusyu' dan tidak mengerti apa yang mereka ucapkan. Bahkan dalam  shalat, mereka lalai dan bermain-main, serta berpaling dari kebaikan yang dituju. QS. An Nisa'a: 142

'Itu adalah shalatnya orang munafik. Itu adalah shalat orang munafik. Itu adalah shalat munafik. Ia duduk menunggu matahari, hingga apabila matahari itu berada di antara dua tanduk syaitan, kemudian ia shalat (bagaikan burung) mematuk empat kali (shalatnya cepat cepat). Mereka tidak berdzikir kepada Allah didalamnya, kecuali sedikit saja."  Muslim, at-Tirmidzi dan an- Nasa'i.

"Mereka dalam keadaan ragu-ragu antara demikian (iman atau kafir); tidak masuk kepada golongan ini (orang-orang beriman) dan tidak pula pada golongan (orang- orang kafir.) Yaitu orang-orang munafik itu bingung antara iman dan kafir, tidak ada tekad bersama orang-orang beriman secara zhahir maupun batin dan mereka tidak pula bersama orang-orang kafir secara zhahir dan batin. Akan tetapi zhahir mereka bersama orang-orang beriman, sedang batin mereka bersama orang-orang kafir. Kadang cenderung ke kaum Muslimin dan terkadang cenderung kepada kaum kafir. QS. An Nisa'a: 143

"Perumpamaan orang munafik itu seperti domba yang bingung diantara dua ekor kambing, terkadang berpaling kepada kambing yang satu, terkadang kepada kambing yang lain dan tidak tahu mana yang harus di ikuti.  ( HR. Muslim)

Untuk itu, Allah Subhanahuwataala berfirman: " Barangsiapa yang disesatkan Allah, maka kamu sekali kali tidak akan mendapat jalan (untuk memberi petunjuk) baginya." Yaitu orang-orang yang dipalingkan oleh Allah dari jalan hidayah.

Sedangkan orang-orang munafik yang telah disesatkan dari jalan keselamatan, maka tidak ada lagi yang akan memberi hidayah kepada mereka dan tidak ada lagi yang mampu menyelamatkan  mereka dari kesesatan mereka.
Wallahu a'lam.
Ref: Tafsir Ibnu Katsir; 4:143

No comments:

Post a Comment