SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

May 11, 2013

Tentang Mengkhususkan bulan Rajab dengan Sesuatu Ibadah...

Mengkhususkan bulan Rajab dengan shalat ghraib atau perkumpulan pada malam ke 27 dengan alasan bahwa Malam itu adalah Malam Isra' dan Mi'raj, semua itu adalah bid'ah yang sama sekali tidak diperbolehkan. Selain itu tidak memiliki dasar dalam shariat.

Para ahli ilmu telah memberi peringatan dari kegiatan seperti ini. Yaitu shalat yang dilakukan oleh sebagian orang di malam jumaat pertama di bulan Rajab, dipanggil shalat ghraib. Demikian pula perkumpulan pada malam ke 27 nya dengan keyakinan bahwa malam itu adalah Malam Isra' Mi'raj.

Semua itu adalah bid'ah yang tidak memiliki dasar dalil didalam shariat. Malam Isra' dan Mi'raj sama sekali tidak diketahui hakekat waktu terjadinya. Sekalipun diketahui tetap saja dilarang untuk mengadakan perkumpulan pada malam itu kerana Nabi Shallallahu alaihi wa Salam tidak pernah mengadakan perkumpulan malam itu. Demikian pula para Khulafa Ar-Rasyidin dan para sahabat radiyallahu anhum yang lain. Seandainya hal sunnah sudah tentu mereka lebih dahulu daripada kita dalam melaksanakannya.

Segala kebaikan adalah didalam ittiba' kepada mereka sesuai dengan manhaj mereka. Sebagaimana firman Allah Subhanu wa Ta'ala.

"Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) diantara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka pun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai didalamnya; mereka kekal didalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar. (At- Taubah: 100)

Dan telah jelas datang dari Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Salam bahwa beliau bersabda,

"Barangsiapa mengada-adakan hal baru di dalam perkara kami yang tidak ada dalil didalamnya, maka tertolak."  Shahih Muslim (1718 dan 18)

Kewajipan seluruh kaum Muslimin adalah ittiba' kepada sunnah dengan tetap istiqamah padanya, saling berwasiat berkenaan dengannya dan waspada dari segala macam bid'ah sebagai bentuk pengalaman firman Allah Subhanhu wa Ta'ala,

".......Dan tolong menolong lah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan taqwa..." (Al-Maidah:2)

"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal salih dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran." (Al-Ashr)...

Ringkasan fatwa Syaikh Ibnu Baaz, dipetik dari majalah Ad-Da'wah, 1566/34.

No comments:

Post a Comment