SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

July 20, 2014

Jangan dikalahkan pada 7 yang tersisa..

Dari Abdullah bin Umar radiyallahanhu, bahwa beberapa laki-laki dari kalangan sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam diperlihatkan malam qadr dalam mimpi pada tujuh yang akhir, maka Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,  "Aku perhatikan mimpi kalian telah sepakat pada tujuh yang akhir. Barang siapa mencarinya maka carilah pada tujuh yang akhir."

Pada hadith ini terdapat petunjuk malam qadr di tujuh yang akhir dari bulan Ramadhan. Namun telah disebutkan pula hadith-hadith yang memberi petunjuk agar mencarinya pada semua malam di sepuluh terakhir Ramadhan. Seperti sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam, "Carilah malam qadr di sepuluh terakhir dari bulan Ramadhan.." [HR. Bukhari].

Untuk mengkompromikan antara keduanya adalah seperti keterangan  dalam Shahih Muslim dari Abdullah bin Umar radiyallahanhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Carilah ia pada sepuluh yang akhir, apabila salah seorang kalian lemah atau tidak mampu, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh yang tersisa." 
Letak kompromi antara keduanya, sepuluh malam terakhir merupakan waktu mencari malam qadr, akan tetapi yang paling besar kemungkinan adalah tujuh ( 7 ) yang tersisa. Wallahu 'alam
Nukilan dari Kitab Umdatul Ahkam, karya Abdul Ghani bin Abdul Wahid Al-Maqdisi;Syarahkan oleh; Syaikh Muhammad bin Salih al-Utsaimin.(Diringkaskan dgn tidak merubah makna)

No comments:

Post a Comment