SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

August 18, 2015

Amalan yang menjadi debu..

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman;
"Dan Kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang beterbangan."   [QS. Al Furqaan: 23]

Ibnu Qayyim rahimahullah dalam menafsirkan ayat ini berkata, apabila amalan-amalan duniawi yang dikerjakan tidak sesuai dengan Sunnah Rasul-Nya, atau melalui jalan yang mereka tempuh sendiri dan tidak ditujukan untuk mencapai redha Allah, maka Allah akan menjadikan seluruh amalan mereka itu bagaikan debu yang beterbangan, dan tidak mendatangkan manfaat sama sekali bagi yang mengerjakannya. 
Itulah kerugian yang paling besar bagi manusia pada hari Kiamat kelak. Segala usahanya diperlihatkan dalam keadaan sia-sia, tidak berguna baginya sama sekali. Sementara hal itu sangat dibutuhkan oleh orang yang mengerjakannya ~ pada waktu tersebut. Dan bahagia lah orang yang mendapatkan manfaat dari usaha mereka sewaktu di dunia.
Ibnu Qayyim selanjutnya mengatakan setiap amal akan menjadi batal (binasa), kecuali ditujukan untuk-Nya melalui jalan yang sesuai dengan Sunnah Nabi-Nya. Amal-amal akan hilang nilainya apabila ditujukan untuk selain Allah Subhanahu wa Ta'ala.. 
Dari 'Sisi Pandang Ibnu Qayyim Al-Jauziyah' Judul asli 'Risalah Tabukiyyah.'

No comments:

Post a Comment