SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

September 2, 2013

Empat kelompok manusia

Ibnu Qayyim mengatakan ; Manusia dikelompokkan kedalam empat golongan:-

Golongan pertama, orang yang mengetahui jalan orang-orang Mukmin dan orang-orang dusta secara jelas baik secara teori maupun praktikal (perbuatan). Merekalah makhluk yang paling tahu.

Golongan kedua, orang yang tidak memahami kedua jalan itu, sehingga mereka lebih mengutamakan jalan orang-orang pendusta.

Golongan ketiga, orang yang mengetahui jalan orang-orang Mukmin tetapi tidak mengetahui lawan-lawannya. Dia mengetahui lawan-lawannya secara global saja. Segala sesuatu yang berlawanan dengan jalan orang-orang Mukmin adalah batil jika tidak mengetahuinya secara jelas.

Golongan keempat, kelompok yang tahu jalan sesat, bid'ah dan kufur dengan jelas dan mengetahui jalan orang-orang Mukmin secara global saja. Inilah keadaan orang yang memerhatikan perkataan manusia dan ahli bid'ah, mereka mengetahui secara pasti tetapi tidak mengetahui apa yang dibawa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kecuali bagian-bagian tertentu saja yang diketahui dengan pasti.

Allah Subhanahu Wata'ala lebih senang jika jalan musuh-musuh-Nya diketahui untuk dijauhi dan dibenci, seperti halnya senang jika jalan para wali-Nya diketahui untuk dicintai dan di ikuti.
Oleh Ibnu Qayyim, al-Fawaid.

No comments:

Post a Comment