SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

September 19, 2013

Permulaannya Wahyu Nabi Musa alaihissalam.

"Apakah telah sampai kepadamu kisah Musa? Ketika ia melihat api, lalu berkatalah ia kepada keluarganya:  'Tinggallah kamu (disini), sesungguhnya aku melihat api, mudah-mudahan aku dapat membawa sedikit daripadanya kepadamu atau aku akan mendapat petunjuk ditempat api itu."   [QS. Thaahaa; 20:09-10]

Dari sini, Allah Tabaraka wa Ta'ala, mulai menceritakan kisah Musa dan bagaimana permulaan wahyu yang diberikan kepadanya serta firman-Nya yang disampaikan langsung kepadanya. Setelah Musa menyelesaikan waktu yang ditentukan antara dirinya dengan (mertua) nya (Nabi Syu'aib alaihissalam) dalam menggembalakan kambing. Dia dan keluarganya pun berangkat ke Mesir setelah kian lama meninggalkannya, lebih dari sepuluh tahun.

Di waktu malam yang sangat dingin dan gelap gulita, Musa dan isterinya tersesat. Mereka lalu singgah disatu tempat antara bukit dan gunung, dibawah awan kegelapan dan berkabut. Dia berusaha mencari percikan dari benturan batu untuk memberi kehangatan. Tetapi dia tidak mendapatkan percikan api itu. Tiba tiba muncul api dari samping gunung Thursina, yang berada disebelah kanannya. Dia pun memberi tahu kepada keluarganya.

Maka ketika ia datang ketempat api itu, ia dipanggil: " Hai Musa. Sesungguhnya Aku ini Rabb-mu, maka tanggalkanlah kedua terumpahmu, sesungguhnya kamu berada di lembah yang suci, Thuwa. Dan Aku telah memilihmu, maka dengarkan lah apa yang akan diwahyukan (kepadamu). Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Ilah (yang haq) selain Aku, maka beribadahlah kepada-Ku dan dirikanlah shalat untuk mengingat-Ku."  [QS. Thaahaa; 20: 11-13]
Tafsir Ibnu Katsir 20/09-13

No comments:

Post a Comment