SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

September 23, 2013

Mereka yang membawa beban yang sangat buruk di hari Kiamat!

Allah Subhanahu Wata'ala berfirman yang ertinya;

"Barangsiapa yang berpaling daripada al-Quran, maka sesungguhnya ia akan memikul dosa yang besar di hari Kiamat, mereka kekal di dalam keadaan itu. Dan amat buruk lah dosa itu sebagai beban bagi mereka dihari Kiamat. "    [QS. Thaahaa; 20: 100-101]

Dalam tafsir Ibnu Katsir, beliau mengatakan barangsiapa berpaling dari al-Quran, yakni mendustakan dan tidak mau mengikutinya malah mencari petunjuk kepada selainnya, maka Allah akan menyesatkannya dan akan menghantarkannya ke Neraka Jahim.

Dengan demikian, setiap orang yang sudah pernah sampai kepadanya al-Quran, berarti ia telah diberi peringatan dan seruan olehnya dan barangsiapa yang menentang dan berpaling darinya, maka ia akan sesat dan akan mengalami kesengsaraan di dunia dan akan membawa beban yang sangat buruk di akhirat nanti.

"Dan di antara manusia ada orang yang membantah tentang Allah tanpa ilmu pengetahuan dan mengikuti setiap syaitan yang sangat jahat."  [QS. Al-Hajj; 22:3] Dia menyebutkan didalam ayat ini tentang kondisi para penyeru kesesatan di kalangan para pemimpin kekafiran dan bid'ah, yaitu tanpa rasionalitas yang benar dan penukilan yang jelas, bahkan hanya semata-mata menggunakan ra'yu dan pikiran yang menyimpang.

Yaitu orang-orang yang sombong terhadap kebenaran yang diserukan kepadanya, "Dengan memalingkan lambungnya." [QS; 22:9]
Wallahu a'lam.
Ref; Tafsir Ibnu Katsir

No comments:

Post a Comment