SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

September 11, 2013

Kalimat Penghapus Kesalahan

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda;

"Siapa yang mengucapkan 'Subhanallah wabihamdih' (Maha Suci Allah dan segala puji bagiNya) sebanyak seratus kali, maka akan dihapuskan segala dosanya meskipun dosa-dosa itu sebanyak buih dilautan."  [ Muttafaq' 'Alaih] dari Abu Hurairah radiyallahanhu.

Faidah dari hadith

1.  Dzikir ini berisi tasbih dan pensucian Allah Ta'ala dari segala macam aib, ke kurangkan dan penyerupaan terhadap makhluk-Nya.

2.  Penegasan akan segala sifat-sifat terpuji bagi  Allah Ta'ala yang terangkum dalam nama dan sifat-sifat-Nya Mulia. Ia adalah Dzat yang Mahahidup dengan kehidupan yang sempurna yang tidak didahului oleh ketidakberadaan dan tidak diakhiri dengan kehancuran (sifat fana).

3.  Maka barangsiapa yang mensucikan-Nya (bertasbih) dan memuji-Nya (tahmid) sebanyak 100X pada pagi dan petang hari, niscaya mereka akan memperoleh pahala yang sangat besar, berupa diampuninya seluruh dosa dan kesalahan-kesalahannya meskipun amat banyak seperti buih dilautan. Hal ini adalah merupakan keutamaan yang mulia dan pemberian yang melimpah.

4.  Para ulama berpendapat dosa-dosa yang dimaksudkan adalah dosa-dosa kecil belaka. Adapun dosa-dosa besar, tidak ada yang dapat menghapuskan kecuali taubat nasuha.
Ref: Syarah Bulughul Maram/ Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam; 7/1349,

No comments:

Post a Comment