SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

August 16, 2013

Siapakah yang Dapat Menghancurkan Bangunan Iblis?

Umar bin Khathab radiyallahanhu berkata, "Matinya seribu ahli ibadah lebih remeh dibandingkan dengan matinya satu orang alim yang mengetahui perkara yang dihalalkan Allah dan diharamkan -Nya."  Maksudnya, orang alim seperti inilah yang mampu menghancurkan bangunan iblis, yaitu menghancurkannya dengan ilmu dan petunjuknya. Sedangkan ahli ibadah kemanfaatannya terbatas hanya untuk dirinya sendiri.

Sebagian ulama salaf berkata, "Apabila sehari saja berlalu kepadaku dan aku tidak memperoleh petunjuk dan tidak mendapatkan ilmu maka hari itu tidak termasuk umurku."

Ibnu Qayyim mengatakan, ilmu itu adalah nutrisi hati, minumannya, obatnya, dan kehidupannya pun bergantung padanya. Hati jika dilarang mendapatkan ilmu dan hikmahnya selama tiga hari maka ia akan mati. Jika hati telah kehilangan ilmu, artinya kematianlah padanya meskipun tidak dirasakan oleh pemiliknya. Ia bagaikan orang yang mabuk yang kehilangan kesadaran akalnya, penakut yang telah tiba kematiannya, orang yang jatuh cinta, penghayal yang tidak merasakan sakitnya luka, baru setelah tersadar dan sehat, mereka akan merasakan sakitnya.

Demikianlah seorang hamba jika maut telah benar-benar memisahkan dirinya dari dunia dan kesibukannya, ia hancur bersama kematian dan akan menyesal.

Kapan kamu akan sedar, padahal waktumu sudah dekat
Kapan kamu akan berpisah dari kemabukan itu
Mungkin kamu akan menyadarinya ketika kain itu terbuka
Dan kamu akan mengingat perkataanku ketika ingatanmu tidak lagi berguna..........

Mutiara Ibnu Qayyim, dari Kunci Shurga; Mencari Kebahagian dengan Ilmu, Jilid 1.

No comments:

Post a Comment