SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

August 22, 2013

Tidak akan Bersatu Dua Hal yang Berlawanan

Sesuatu bisa menerima apa yang diletakkan padanya apabila dia bersih dari lawan hal itu. Jika hati dipenuhi oleh keyakinan dan cinta pada sesuatu yang salah, maka tidak tersisa tempat bagi keyakinan kebenaran dan kecintaan padanya. Seperti halnya lidah, jika disibukkan untuk membicarakan sesuatu yang tidak berguna, maka tidak akan terbiasa mengucapkan sesuatu yang bermanfaat, kecuali jika pemiliknya mengosongkan lidahnya dari pembicaraan yang tidak berguna. Demikian juga dengan badan, jika sering digunakan untuk selain ibadah, tidak akan terbiasa melakukan ibadah, kecuali apabila meninggalkan kebalikkannya.

Demikian halnya dengan hati yang sibuk mencintai selain Allah Subhanahu Wata'ala dan mengikuti kehendaknya, tidak mungkin untuk mencintai dan merindukan-Nya serta ingin bertemu dengan-Nya, kecuali jika hati itu dikosongkan dari hubungan dengan selain-Nya. Lidah tidak akan beraktivitas untuk menyebut-Nya dan anggota badan tidak akan sudi mengabdi kepada-Nya, kecuali jika mereka dikosongkan dari mengingati dan mengabdi kepada selain-Nya.

Apabila hati telah disibukkan dengan urusan makhluk dan ilmu pengetahuan yang tidak berguna, maka tidak akan tersiksa waktu bagi-nya untuk sibuk dengan Allah Subhanahu Wata'ala, mengenal nama-nama, sifat-sifat dan hukum-hukum-Nya. Rahsia disebalik hal itu adalah perhatian hati sama dengan perhatian telinga. Jika telinga digunakan untuk mendengarkan selain firman Allah, dia tidak akan bisa untuk mendengarkan dan memahami firman-Nya. Begitu juga jika hati cenderung mencintai selain Allah, maka dia tidak akan cenderung untuk mencintai-Nya. Jika hati terbiasa menyebutkan selain Allah, maka dia tidak akan bisa untuk menyebut-Nya.

Cebisan mutiara dari; Mata Air Hikmah (Al-Fawaid), oleh Ibu Qayyim. Penerbit; Pustaka Nuun.

No comments:

Post a Comment