SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

December 20, 2013

Mengapa generasi (Salafush Shalih) tidak membahaskan sesuatu masa'alah agama...

Generasi terdahulu dari umat Salafush Shalih telah berhenti dan menahan diri mereka dengan ilmu yang mapan (dari bid'ah-bidah) padahal mereka adalah umat yang sangat sanggup membahas suatu masalah agama, akan tetapi mereka tidak membahasnya.

Umar bin 'Abdul Aziz pernah berwasiat kepada sebagian pegawainya, "Aku berwasiat kepadamu agar sentiasa bertaqwa kepada Allah Azzawajal dan berlaku sederhana dalam menjalankan perintah-Nya, mengikuti sunnah (tuntutan) Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, meninggalkan perkara-perkara baru dalam agama yang diada-adakan oleh orang-orang setelahnya, dan berhenti lah pada batas-batas ajarannya. 

Dan ketahuilah seseorang tidaklah berbuat bid'ah melainkan telah ada sebelumnya hal yang menunjukkan kebid'ahannya dan pelajaran buruk yang ditimbulkannya. Kerana itu, kamu wajib berpegang teguh dengan As-Sunnah, sebab ia merupakan tameng dan pelindung (dari berbagai kesesatan dan kebinasaan) bagi dirimu dengan izin Allah Azzawajal. 
Dan ketahuilah sesiapa yang berjalan atas Sunnah, sungguh dia telah mengetahui bahwa tindakan menyeselisihinya adalah termasuk kesalahan, kekeliruan, sikap berlebih-lebihan dan kedunguan. [Shahih Sunan Abi Dawud (4612), Takhrij Kitab Asy-Syari'ah (atsar ni:292) ].

**Dari itu mereka yang hari ini mengatakan bahwa banyak perkara yang tidak dibahaskan oleh para sahabat dan Tabi'in, telah membuat fitnah sebab umat Salafush Shalih mampu membahasnya dengan ilmu mereka yang dalam dan luas, tetapi mereka menjauhi perkara syubhat, bid'ah.** 
Dari; Syarah Ushulus Sunnah, keyakinan Imam Ahmad dalam Aqidah.

No comments:

Post a Comment