SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

January 30, 2014

6 Perkara yang ditanyakan oleh Musa kepada Rabbnya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda; "Musa bertanya kepada Rabbnya tentang enam perkara. Dia mengira keenam perkara itu khusus untuk dirinya. Sementara Musa tidak menyukai perkara yang ketujuh:
(1). Musa bertanya: 'Ya Rabb, siapakah hamba-Mu yang paling bertakwa?' Allah berfirman: 'Yang selalu ingat (kepada Allah) dan tidak pernah lupa.

(2). Musa bertanya lagi: 'Siapakah hamba-Mu yang paling banyak mendapat petunjuk?' Allah berfirman: 'Yaitu hamba yang mengikuti petunjuk.

(3) Musa bertanya lagi: 'Siapakah hamba-Mu yang paling adil?'  Allah berfirman: 'Yaitu orang yang mengadili orang lain sebagaimana ia mengadili dirinya sendiri.'

(4). Musa bertanya lagi: 'Siapakah hamba-Mu yang paling banyak ilmunya?  Allah berfirman: 'Yaitu seorang yang tidak pernah puas dengan ilmu, ia sentiasa tambah ilmunya dari orang lain.'

(5). Musa bertanya lagi: 'Siapakah hamba-Mu yang paling mulia?  Allah berfirman: 'Yaitu seseorang yang telah menetapkan hukuman (balasan atas kejahatan seseorang kepada dirinya), lalu ia memaafkannya.

(6). Musa bertanya lagi: 'Siapakah hamba-Mu yang paling kaya?'  Allah berfirman: 'Yaitu hamba yang redha terhadap apa-apa yang ia terima.'

(7). Musa bertanya lagi: 'Siapakah hamba-Mu yang paling fakir?'  Allah berfirman: 'Yaitu yang selalu kekurangan." (Berjiwa miskin) 

Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda; "Sesungguhnya kaya itu adalah kaya jiwa. Jika Allah menghendaki kebaikan bagi seseorang hamba, maka Allah akan memberikan kekayaan pada jiwanya dan ketakwaan pada hatinya. Dan jika Allah menghendaki keburukan atas seorang hamba maka Allah akan menampakkan kefakiran nya berada dipelupuk matanya (dihadapannya)" 
[HR. Abu Hurairah (3165) ; Hadith ini shahih sebagaimana yang dijelaskan oleh Al-Allamah Al-Muhaddits  Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam Silsilah Hadith Shahih Jilid 1 (115)

No comments:

Post a Comment