SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

December 11, 2014

Hikmah peribadahan diawal pagi, dari sudut medis

Semua petunjuk Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengandungi manfaat yang banyak dan baik didunia dan di akhirat. Maka apabila beliau berdoa di pagi hari;

"Ya Allah, berkahilah umatku di pagi hari." Beliau biasa mengirim sariyyah atau pasukan perang diawal pagi dan Sakhru merupakan seorang pedagang, ia biasa menghantar kafilah dagangnya diawal pagi sehingga ia sejahtera dan hartanya bertambah." (HR Abu Dawud 2239) 

Selain merupakan bagian dari ibadah, (aktiviti seperti shalat tahajud, sunnah dan Fardu subuh) ternyata dari sudut medis memberi hikmah dan manfaat yang sangat banyak dan luar biasa yang hanya ditemui oleh manusia selepas 1436 H.

Dalam satu penelitian terbaru didunia kedoktoran yang mempelajari tentang banyaknya  kejadian serangan jantung dan angin ahmar (stroke) yang selalunya terjadi di pagi hari, terutama jam 6.30 pagi, seorang peneliti, Dr. Frank Scheer, juga Direktur chronobiology di Brigham Women's Hospital (BWH) telah menemukan fakta disebalik waktu ini yang terkait dengan penyakit kardiovaskuler.

Beliau mengatakan bahwa sistem 'sirkadian' atau 'body clock' manusia memberi pengaruh terhadap risiko kardiovaskuler di waktu pagi hari, spesifik jam 0630. 

Di waktu pagi perubahan tingkat protein Plasminogen activator inhibitor-1 (PAI-1) yang terdapat didalam tubuh manusia akan menghambat pemecahan bekuan gumpalan darah. Dan kemuncak penurunan kadar PAI-1 ini terjadi pada sekitar jam 06.30 pagi. Seharusnya (PAI-1) ini bekerja untuk memperlambatkan kerusakan pembekuan darah, tetapi kerana kemuncak penurunan jumlah protein tersebut terjadi pada pagi hari, ini menyebabkan meningkatnya angka serangan jantung dan stroke. 

SubhanaAllah, Inilah waktunya seorang Muslim sedang giat melakukan peribadahan di awal pagi. Keadaan ini lah yang dapat memperkecilkan fakta resiko terserangnya penyakit jantung, stroke atau pun penyakit-penyakit terkait kardiovaskuler.

Umat Islam yang sudah terbiasa bangun lebih awal mempersiapkan diri untuk ke masjid shalat subuh (tidak tidur setelahnya) dan mereka yang melakukan senaman pagi secara rutin, maka tubuh akan lebih mudah menghadapi perubahan 'sirkadian' tubuh. In syaAllah akan mengurangkan risiko serangan jantung dan angin ahmar.


No comments:

Post a Comment