SUARAKAN YANG HAQ UNTUK MENEGAKKAN YANG HAQ! KERANA YANG ADA HANYALAH YANG HAQ SEMATA ....

February 25, 2015

Hidayah Bagi Akal yang Lemah

Imam Ibnul al-Jauziy rahimahullah,berkata:-
"Jika Anda melihat manusia yang memiliki akal yang sangat lemah, janganlah berharap kebaikan darinya. Jika Anda melihat manusia yang memiliki akal namun dikalahkan oleh hawa nafsunya, masih mungkin Anda mengharapkan kebaikan darinya.

Salah satu tanda bahwa seseorang memiliki akal adalah ia melakukan sesuatu berdasarkan pikirannya. Misalnya ia melakukan sesuatu kemungkaran dengan cara sembunyi-sembunyi. Ia selalu berhati-hati dan waspada dalam melakukan banyak hal, menangis tatkala mendengar nasehat-nasehat, dan menghormati orang-orang yang baik agamanya. Jika ia sedar dan menyesal telah melakukan sesuatu, "syaitan" hawa nafsunya kabur dan datanglah "malaikat" akal.
Adapun jika akalnya memang pendek, itu berarti ia tak dapat melihat akibat dari segala pekerjaannya, baik yang didunia maupun yang di akhirat. Ia juga tidak malu kepada manusia jika melakukan kekejian dan tidak bisa mengatur urusan dunianya. Manusia seperti itu sulit diharapkan kebaikannya.

Sedikit sekali manusia semacam itu yang selamat kerana akalnya tertutup oleh hawa nafsunya. Jika suatu saat ia sedar dan ingin kembali, hawa nafsunya akan menguasai jiwanya. Mereka laksana orang pingsan yang sadar namun pingsan kembali."
Dari: 'Shaidul Khathir' [Cara manusia cerdas Menang dalam hidup] oleh Ibnul al-Jauziy

No comments:

Post a Comment